Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati dan Hormon Alami Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universit

Warga Kayen 18 Juli 2019 05:39:06 WIB

Pestisida nabati adalah pestisida yang bahan aktifnya berasal dari tanaman atau tumbuhan dan bahan organik lainnya yang berkhasiat mengendalikan serangan hama pada tanaman. Pestisida ini tidak meninggalkan residu yang berbahaya pada tanaman maupun lingkungan serta dapat di buat dengan mudah menggunakan bahan yang murah dan peralatan yang sederhana.

Pestisida organik ini mampu mengatasi dan mengusir hama perusak tanaman pertanian dan perkebunan umumnya seperti kutu, ulat, belalang dan sebagainya

Manfaat dan Keunggulan

Beberapa manfaat dan keunggulan pestisida alami, antara lain:

  1. Mudah terurai (biodegradable) di alam, sehingga tidak mencemarkan lingkungan (ramah lingkungan).
  2. Relatif aman bagi manusia dan ternak karena residunya mudah hilang.
  3. Dapat membunuh hama/penyakit seperti ekstrak dari daun pepaya, tembakau, biji mahoni, dsb.
  4. Bahan yang digunakan nilainya murah serta tidak sulit dijumpai dari sumberdaya yang ada di sekitar dan bisa dibuat sendiri.

Bahan-Bahan Pestisida Nabati

  • Daun singkong
  • Daun papaya+batang
  • Daun tembakau
  • Daun serai
  • Bawang putih
  • Babadotan
  • Air kelapa
  • Air biasa
  • EM-4
  • Daun sirsak

 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 49 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur mengadakan “Sosialisasi Pembuatan pestisida nabati dan hormon alami” kepada warga desa kayen. Sosialisasi tersebut diadakan pada hari Senin, 9 Juli 2019 di Kantor Desa kayen. Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh warga desa Kayen.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan dengan tujuan memperkenalkan kepada warga desa bagaimana cara membuat pestisida alami dengan memanfaatkan bagian-bagian dari tanaman,pestisida alami tersebut juga sebagai alternatif pemberantas hama dengan biaya yang murah.

Hormon tumbuhan, atau fitohormon,  adalah sekumpulan senyawa organik bukan hara (nutrien), baik yang terbentuk secara alami maupun dibuat oleh manusia, yang dalam kadar sangat kecil mampu mendorong, menghambat, atau mengubah pertumbuhanperkembangan, dan pergerakan (taksis) tumbuhan.

Manfaat dari hormon alami adalah untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap lingkungan yang kurang mendukung), memperbesar ukuran dan meningkatkan kualitas produk (misalnya dalam teknologi semangka tanpa biji), atau menyeragamkan waktu berbunga (misalnya dalam aplikasi etilena untuk penyeragaman pembungaan tanaman buah musiman).Bahan yang digunakan untuk  pembuatan hormon alami diantaranya; kecambah, cabe rawit, bawang merah, air kelapa, air biasa,EM-4.

Komentar atas Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati dan Hormon Alami Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universit

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi KAYEN

tampilkan dalam peta lebih besar