POSYANDU LANSIA

administator 31 Mei 2018 14:50:20 WIB

POSYANDU LANSIA

Posyandu lansia merupakan suatu fasilitas pelayanan kesehatan yang berada di desa-desa yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya bagi warga yang sudah berusia lanjut.

     Manfaat yang dirasakan dengan adanya posyandu lansia ini bukan hanya dirasakan oleh lansia tetapi juga oleh keluarga dan lingkungan dimana lansia tersebut tinggal. Posyandu lansia dapat membantu lansia untuk menyesuaikan diri dalam perubahan fase kehidupannya sehingga menjadi pribadi yang mandiri sesuai dengan keberadaannya.

Banyak kendala yang ditemui dalam menggerakkan posyandu lansia tetapi kendala tersebut akan dapat diatasi dengan kerja sama semua pihak, yaitu pemerintah pusat, daerah, pihak swasta dan seluruh elemen masyarakat.

Wujud dari usaha pemerintah ini adalah dicanangkannya pelayanan bagi lansia melalui beberapa jenjang yaitu pelayanan kesehatan ditingkat masyarakat adalah Posyandu Lansia. Pelayanan kesehatan lansia tingkat dasar adalah Puskesmas, dan pelayanan tingkat lanjutan adalah Rumah Sakit.

Dengan demikian, posyandu lansia sangat kita perlukan, dimana posyandu lansia ini dapat membantu lansia sesuai dengan kebutuhannya dan pada lingkungan yang tepat, sehingga para lansia tidak merasa lagi terabaikan didalam masyarakat.

Tujuan posyandu lansia secara garis besar antara lain meningkatkan  jangkauan pelayanan kesehatan lansia dimasyarakat , sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia serta mendekatkan pelayanan dan meningkatkan pendekatan komunikasi antara masyarakat lanjut usia.

Sedangkan  Tujuan Khusus Posyandu Lansia adalah

  1. Meningkatkan kesadaran pada usia lanjut untuk membina kesehatan diri sendiri.
  2. Meningkatkan kemampuan dan peran serta masyarakat dalam menyadari dan menghayati kesehatan usia lanjut secara optimal.
  3. Meningkatkan jenis dan jangkauan pelayanan kesehatan usia lanjut.
  4. Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan usia lanjut.

Sasaran posyandu lansia yaitu :

  1. Kelompok pra usia lanjut ( 45 – 49 tahun)
  2. Kelompok usia lanjut ( 60 tahun keatas)
  3. Kelompok usia lanjut dengan resiko tinggi ( 70 tahun keatas)

Kegiatan Posyandu Lansia

Bentuk pelayanan pada posyandu lansia meliputi pemeriksaan kesehatan fisik dan mental emosional, yang dicatat dan dipantau dengan Kartu Menuju Sehat (KMS) untuk mengetahui lebih awal penyakit yang diderita atau ancaman masalah kesehatan yang dialami. Beberapa kegiatan pada posyandu lansia adalah :

  • Pemeriksaan status gizi melalui penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan dan dicatat pada grafik indeks masa tubuh (IMT).
  • Pengukuran tekanan darah menggunakan tensimeter dan stetoskop serta    penghitungan denyut nadi selama satu menit.
  • Penyuluhan Kesehatan, biasa dilakukan didalam atau diluar kelompok dalam rangka kunjungan rumah dan konseling kesehatan dan gizi sesuai dengan masalah kesehatan yang dihadapi oleh individu dan kelompok usia lanjut.

Posyandu Lansia didesa Kayen kecamatan karangan hanya ada 1 Pos yaitu Pos Kayen yang bertempat di Polindes tepatnya di sebelah kantor desa Kayen. Dengan jumlah lansia  mencapai 90 orang. 

Adapun  jadwal  posyandu lansia adalah sebagai berikut :

NO

POSYANDU

BULAN

1

Pos Kayen

jan

feb

mar

apr

mei

jun

Jul

ags

sep

okt

nov

des

 

01

 

Pos kayen

 

2

 

6

 

13

 

17

 

22

 

26

 

31

 

-

 

4

 

9

 

13

 

18

Komentar atas POSYANDU LANSIA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi KAYEN

tampilkan dalam peta lebih besar