Sosialisasi Pembuatan Briket oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pembangunan Nasiona

Warga Kayen 18 Juli 2019 05:36:45 WIB

Briket merupakan suatu bahan yang di buat dengan proses pembakaran bahan organic baik kayu, sampah organik, jerami padi, ampas tebu, kulit buah, dll menjadi arang (bukan abu) untuk dijadikan sebagai bahan alternatif pengganti minyak dan gas. Briket dapat dijadikan suatu pilihan pengganti bahan bakar dimana pengolahannya yang mudah dan hemat biaya serta api yang di hasilkan lebih panas. Pembuatan briket kali ini menggunakan bahan dari bonggol jagung, serabut kelapa dan tepung kanji.

Kegiatan sosialisasi dan pembuatan briket dari bonggol jagung yaitu untuk menyadarkan masyarakat bahwa daripada bonggol jagung dibuang begitu saja, alangkah baiknya jika dimanfaatkan. Selain menambah nilai guna dari bonggol jagung sebagai bahan bakar alternatif juga dapat menambah pendapatan ekonomi dengan memasarkannya.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 49 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur mengadakan “Sosialisasi Pembuatan Briket” kepada warga desa kayen. Sosialisasi tersebut diadakan pada hari Selasa, 9 Juli 2019 di Kantor Desa Kayen.

Alat yang digunakan untuk membuat briket yaitu:

 

  1. Tumbukan
  2. Saringan
  3. Pipa (yang sudah dipotong)
  4. Wajan
  5. Kompor
  6. Pengaduk

 

Proses pembuatan dengan cara pembakaran bonggol jagung dan serabut kelapa, kemudian tumbuk hingga halus kedua bahan tersebut lalu saring. Langkah selanjutnya buat adonan tepung kanji sampai mengental lalu masukkan serbuk bonggol jagung dan serabut kelapa kemudian aduk hingga rata, kemudian cetak dan jemur.

Komentar atas Sosialisasi Pembuatan Briket oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pembangunan Nasiona

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi KAYEN

tampilkan dalam peta lebih besar